RSS

13 Pedoman Agar Gizi Seimbang

06 Jun

Indonesia kini menggunakan pedoman Gizi Seimbang untuk menyiapkan pola hidup sehat masyarakat Indonesia.Menurut para ahli gizi,bila pola makan kita hanya berdasarkan pada susunan makanan yang terdiri dari 4 kelompok tanpa mempertimbangkan apakah jenis zat gizinya sesuai kebutuhan,maka pola makan itu di anggap tidak sehat.

Dalam Prinsip Pedoman Gizi Seimbang,setiap kelompok umur memiliki kebutuhannya sendiri,misalnya kebutuhan gizi ibu hamil dan orang dewasa tentu berbeda.Demikian pula kelompok lanjut usia.Seimbang berarti disesuaikan dengan kebutuhan.Para ahli gizi menetapkan 13 gizi seimbang sebagai Pedoman Gizi Seimbang,yaitu :

1.Makanlah aneka ragam makanan

– Sumber zat tenaga :jagung,gandum,ubi kayu dan kentang

-Sumber zat pembangun : kacang kacangan,tempe,telur,ikan dan daging ayam

-Sumber zat pengatur : Sayur sayuran dan buah buahan

2. Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi Anda.

Kebutuhan energi dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi bahan makanan sumber karbohidrat,protein dan lemak.

3 . Makanlah sumber karbohidrat,setengah dari kebutuhan energi

– Karbohidrat komplek; beras,jagung dan gandum

– Karbohidrat sederhana : gula

4. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energi.

– Konsumsi lemak dan minyak sehari tidak boleh lebih 25% dari kebutuhan energi.

–  Jika kebutuhan energi 2000 kal,maka konsumsi lemak min 500 kal dalam sehari.

5.Gunakan garam beryodium

Garam beryodium yang di konsumsi setiap hari bermanfaat untuk mencegah timbulnya Gangguan Akibat Iodium(GAKI) seperti gondok dan kretin.Dianjurkan mengkonsumsi garam tidak lebih dari 6 gram atau 1 sendok teh setiap harinya.

6. Makanlah makanan sumber zat besi.

Sumber zat besi dapat dari sayuran berwarna hijau,kacang kacangan,hati,telur dan daging.Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia.

7. Berikan ASI saja pada bayi sampai usia 4 bulan dan tambahkan makanan pendamping ASI sesudahnya.

8. Biasakan makan pagi atau sarapan

9. Minumlah air bersih dan aman dengan jumlah yang cukup.

Mengkonsumsi air minum sehari sekurang kurangnya 2 liter atau 8 gelas setiap hari.

10. Lakukan aktifitas fisik secara teratur

11. Hindari minum minuman beralkohol

12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan

13. Bacalah label pada makanan yang dikemas

 
Leave a comment

Posted by on June 6, 2011 in Tips & Trik

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: